Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Pentingnya Tujuan dan Sasaran Perusahaan yang Terukur (by Yudi Pram)

Posted by yudipram on May 29, 2008

Kamis 29/05/08 jam 9an lebih pagi ini, saya bersama tim diundang ke salah satu perusahaan klien kami untuk memberikan pandangan mengenai strategi ekspansi bisnis internasional. Pada saat ini, rupanya sudah banyak perusahaan nasional yang punya nyali untuk melakukan ekspansi bisnis keluar negeri. Meskipun pada umumnya masih seputar pasar kawasan asia tenggara (ditambah Australia dan sekitarnya), hal ini merupakan kemajuan dari cara pandang perusahaan-perusahaan Indonesia yang sudah berani menjajal dinamika pasar global. Sebut saja perusahaan2 makanan Indonesia, seperti Indofood & garuda food, sudah cukup malang melintang di pasar regional. Kini kiprah mereka banyak diikuti oleh perusahaan2 yang lain. Termasuk perusahaan yang sedang kami konsultani. Keberanian ini, tentunya bukan tanpa alasan. Dari hasil diskusi dengan klien kami, ternyata ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, mengapa perusahaan harus ekspansi ke luar negeri, antara lain: (i) visi misi perusahaan menyatakan bahwa perusahaan harus menjadi dominan player di kawasan asean; (ii) dalam penetapan target-target financial perusahaan, dinyatakan bahwa ada prosentase tertentu yang diharuskan didapat dari pasar luar negeri. Alhasil meraka berusaha untuk segera menggarap pasar luar negeri. Buat saya, ada pelajaran penting dari hal ini. Jika anda ingin menggerakan organisasi perusahaan untuk bergulir terus, maka sangat penting untuk menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas dan mudah dipahami oleh semua anggota organisasi. Sehingga mereka berusaha untuk merealisasikannya.

 

Dalam kasus ekspansi bisnis international, selain dari tujuan dan sasaran perusahaan, menurut hemat saya  ada beberapa faktor pendorong, mengapa perusahaan ingin masuk ke pasar luar negeri. Pertimbangan-pertingan tersebut antara lain menyangkut: (i) keinginan untuk mengeksploitasi kapabilitas internal; dan (ii) keinginan untuk menangkap peluang eksternal. Rincian dari kedua hal tersebut adalah sebagai berikut:

       Mengekspoiltasi Kapabilitas Internal

      Replikasi Pengalaman Bisnis

      Menginvestasikan Free Cash Flow

      Mengeksploitasi kemampuan Low Cost Operation

      Membangun integrasi bisnis (resource, value chain, customer)

      Mencari pengalaman internasional

      Menutup strategic management gap

       Memanfaatkan Peluang Eksternal

      Memenuhi Unmet Demand

      Memanfaatkan Less Competitive Environment

Dari hal ini kita dapat mengetahui bahwa segala macam bentuk keputusan bisnis pada dasarnya harus selalu menyelaraskan antara kondisi internal dan eksternal perusahaan. (wah……kok serius amat nih tulisan)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: