Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

BBM naik, Belanja & Kegiatan Konsumtif Jalan Terus!!!

Posted by yudipram on May 26, 2008

Hari Sabtu jam 00.00 harga premium dkk naik rata-rata lebih dari 30 %. Ini dikomentari banyak orang, merupakan hal yang memberatkan masyarakat atau rakyat. Cuma yang harus dipertanyakan adalah masyarakat yang mana? Bagaimanapun Indonesia itu heterogen, bhineka tunggal ika kalau kata burung garuda pancasila sih. Ada yang menarik dari prilaku sebagian masyarakat kota Bandung, pasca kenaikan harga BBM.  Hari sabtu jam 19.00 (malam minggu), 19 jam setelah harga BBM dinaikan, ternyata tidak terlihat dampak kenaikan BBM terhadap prilaku berbelanja dan prilaku konsumtif masyarakat kota Bandung. Itu kesan saya! setidaknya yang saya rasakan di Mall Parisj Van Java (PVJ), jalan suka jadi Bandung. Pada malam itu, Jalanan di sekitar PVJ macet, parkir susah, karcis bioskop habis, tempat makan penuh (ga kebagian kursi), carrefour sesak-mau bayar juga ngantri. Gileee tuh orang bandung, padahal hari itu adalah tanggal tua, orang-orang belum gajian. Busyeet deh, negara udah mw bangkrut, ternyata orang kayanya masih banyak. Jadi sebenarnya kalau negara mw naikin APBN, selain mencabut subsidi BBM, masih bisa ditambah dengan meningkatkan PPN. Biar orang yang pada belanja itu masih berkontribusi juga dalam meningkatkan pendapatan negara dari pajak. Indonesia, sebenarnya saat ini masuk juga jajaran negara yang pertumbuhan pertambahan orang kayanya cukup tinggi (saat ini yang paling tinggi pertumbuhannya adalah India dan China). Mungkin PVJ bukan sampel yang representatif untuk menggambarkan bahwa rakyat indonesia masih banyak yang kaya. Tapi ini adalah salah satu fakta yang ada di Indonesia. Wong, orang ngantri BLT dan mengemis aja, bisa sambil nenteng-nenteng handphone kok……. Dasar orang Indonesia, aya-aya wae………

3 Responses to “BBM naik, Belanja & Kegiatan Konsumtif Jalan Terus!!!”

  1. ratriwahyu said

    setuju sekali kalo dibilang orang Indonesia aya-aya wae… Maklum orang yang kerja di rumah saya aja, pake kosmetik, shampoo, n minyak wanginya yang mahal-mahal. Udah gitu ngotot mau pake hp meski gajinya pas-pasan.. Aneh kan????

  2. Siska said

    Pak.. kok tau pas waktu itu orang2 Bandung lagi rame di PVJ.. Bapak juga mo nonton, belanja di Carefour n makan-makan di sana ya… hehe… Pak Yudi mah kan ga ada tanggal tuanya…
    Peace pak🙂

  3. rajawali3 said

    Yud, meureun tempat kayak PVJ mah identik jeung tempat nongkrong anak muda…Bandung tea atuh….gak ada sepinya….iya kan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: