Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Iklan CFC Bukan Cuma Ayam (by Yudi Pram)

Posted by yudipram on May 28, 2008

Tadi pagi (jam 7an wib) saya sempat melihat iklan California Fried Chicken (CFC) di TV Nasional. Ada yang menarik untuk dikomentari, yaitu tag line nya. Nampak baru gitu loh, setidaknya buat saya yang jarang nonton TV. CFC sekarang muncul dengan tag line “CFC Bukan Cuma Ayam”. Bisa jadi ini merupakan repositioning dari CFC. Setahu saya, ini nampaknya merupakan langkah strategis yang dilakukan CFC. Langkah strategis sebelumnya adalah menyingkat nama California Fried Chicken, menjadi CFC. Pada saat itu, kata-kata “Fried” dianggap kata yang berbahaya jika digunakan terus, mengingat banyak orang yang semakin menjauhi goring-gorengan karena takut penyakit jantung koroner, kolesterol tinggi, dan penyakit degenaratif lainnya. Oleh karena itu, CFC menyingkat kata “Fried” menjadi huruf “F” saja, diikuti dengan huruf2 lainnya jaddilah CFC. Strategi ini, memang meniru apa yang dilakukan oleh pesaingnya yaitu Kentucky Fried Chicken, yang menyingkat brand nya menjadi KFC. Dalam hal ini meniru sah sah saja, toh itu memang tindakan yang akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan. Persaingan bisnis restoran memang sangat dinamis, setiap tahun, bulan, mungkin bahkan hari, selalu saja ada pendatang baru. Persaingan juga semakin seru, karena para pemain lamapun tetap inovatif dalam mempertahankan posisinya. “CFC Bukan Cuma Ayam” mungkin merupakan strategi penciptaaan persepsi & pencitraan (positioning) untuk bertahan dalam persaingan bisnis restoran yang berdarah-darah. CFC mungkin merasa perlu untuk mengubah citra yang bisa berdampak pada peningkatan kinerja pasar.

Mengapa Perlu Repositioning?

Dalam arena perebutan pelanggan, setiap perusahaan dituntut untuk kreatif dalam menciptakan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan (getting, keeping, & growing customer). Salah satu caranya adalah dengan penciptaan dan pencitraan produk yang baik (positioning), sehingga dapat mendorong minat para calon pelanggan untuk membelinya. Jika positioning eksisting sudah tidak efektif maka bisa saja perusahaan melakukan repositioning. CFC nampaknya sedang melakukan repositioning di hadapan konsumen Indonesia. Ini dapat dipahami mengingat, bisnis restaurant adalah bisnis yang fragmented. Setiap restoran biasanya punya pelanggan loyal sendiri-sendiri, karena pelanggan punya makanan favoritnya sendiri-sendiri. Untuk menangkap fragment pasar yang berada diluar penggemar makanan berbasis ayam, maka bisa saja dilakukan ekspose pada menu-menu lain yang bukan ayam. Dengan cara ini diharapkan pasar lain non penggemar ayam, dapat digugah untuk tetap datang dan bersantap di CFC meskipun tanpa mengkonsumsi ayam.

Secara teoritis, memang repositioning dapat digunakan sebagai upaya untuk menciptakan pasar baru, meskipun produknya tidak diubah sama sekali. Sebagai contoh, produsen dan penjual sepeda telah mereposisi sepeda dari alat transportasi menjadi alat olah raga. Popularitas sepeda sebagai alat transportasi memang sekarang sudah redup. Jadi bagaimana mempertahankan pasar sepeda agar tidak terjun bebas ke titik terendah? Yawda, ide yang muncul adalah bagaimana kalau sepeda diposisikan saja sebagai alat olah raga. Karena kalau olah raga, setiap orang pasti melakukannya. Pelajaran buat kita dari fenomena CFC ini adalah:  Jika anda pun saat ini menjadi individu yang tidak laku atau membosankan orang-orang di lingkungan terdekat anda, sebaiknya andapun melakukan REPOSITIONING…………gimana bro?

 

 

 

 

2 Responses to “Iklan CFC Bukan Cuma Ayam (by Yudi Pram)”

  1. ratna LN said

    SETOOOJOOOO…..pak!

    Para Faculty harus REPOSITIONG u/ merubah value cap “Oemar Bakri” pak guru yang naik speda itu, menjadi “Virtual Oemar Bakri” yang bisa “jual diri” via internet.

  2. amy lasma gultom said

    I LUV U FUUL..😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: