Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Tanggung Jawab Orang Indonesia: Payaaaah Deh……! (by Yudi Pram)

Posted by yudipram on May 28, 2008

Hari Sabtu 24/05/08 Siang (jam 10.30-12.00an) mobil D-512 KB saya di parkir di lapangan parkir jalan purnawarnan Bandung yang dikelola perusahaan Secure Parking. Saya kebagian tempat persis di samping pos masuk. Saya memilih tempat itu dengan pikiran kalau mobil saya kenapa-kenapa pasti terpantau oleh si petugas parkir. Sebelum menempati posisi itupun, saya bertanya dulu ke si petugas, apakah saya boleh dan bisa parkir disitu? “bisa pak” jawab si petugas. Setelah parkir dengan posisi yang baik karena dipandu juga oleh si petugas, saya tinggalkan mobil dan tempat parkir. Saya menuju ke Gramedia dan BEC untuk menyelesaikan keperluan saya. Setelah urusan selesai, saya kembali ketempat parkir dan saya dapati bemper depan tergores dan penyok serta plat nomor rusak. Ada goresan warna cat putih pada mobil saya yang berwarna hitam. Yang jadi bikin kesal adalah (i) si penabrak tidak ada ditempat dan (ii) petugas parkir, berlagak tidak tahu apa-apa dengan kejadian itu. (iii) apa lagi perusahaan parkirnya, kayanya lebih ga peduli lagi, karena saya tidak mendapatkan no telepon untuk pengaduan konsumen. Dasar siaaaal….gini neh kalau urusan sama orang Indonesia. Korban hanya bisa pasrah dan menerima kerugian apa adanya. Aktor yang harusnya bertanggung jawab, entah siapa dan ada dimana.

Tanggung jawab nampaknya merupakan barang yang langka di sekitar kita saat ini. Entah ini bawaan dari mental bangsa yang turun-temurun atau terbentuk karena lingkungan yang mendorong orang menjadi pengecut. Padahal semua tindakan kita akan dihisab dan diminta pertanggung jawabannya di hari kiamat nanti (gitu kata para ustadz dan ulama). Jadi untuk memudahkan perhitungan, tanggung jawab mestinya diselesaikan dulu sekarang, jangan ditumpuk nanti. Minimal prosedur dan kesepakatannya (PKS/perjanjian kerjasamanya) dengan harus diurus sekarang. Yang dimaksud dengan PKS urusan2 habluminannass (kesepakatan antar personal) terhadap orang yang kena dampak dari perbuatan kita. Jadi waktu nanti diaudit oleh malaikat, malaikatnya tidak pusing dan tidak perlu konsinyiring ngurusin berkas2 perbuatan kita yang negatif. Jika PKSnya jelas, Alhasil kita berharap bisa dapat predikat wajar tanpa syarat.

Dengan demikian, sangat perlu bagi kita untuk membiasakan diri bertanggung jawab. Peduli pada hal-hal yang kecil adalah bagian dari tanggung jawab. Misalnya: buang sampah pada tempatnya, tidak merokok di tempat umum, tertib berlalu lintas, tidak menunggak pajak, tidak berjualan di trotoar, ikut menyumbang mesjid agar terpelihara, tidak menebang pohon, adalah contoh-contoh kecil dari tanggung jawab sebagai kalifah di bumi. Tanggung jawab selain meluruskan pahala, juga akan meningkatkan kredibilitas sosial kita (uugh………… busyet ngomong ape sih gw………………hahahahahahaha)

8 Responses to “Tanggung Jawab Orang Indonesia: Payaaaah Deh……! (by Yudi Pram)”

  1. alexander270351 said

    he he persis dengan saya, ketika dekat mesjid istiqomah, ada angkot mundur, dan pak parkir tahu saya datang dengan motor di belokan,eh bukan di suruh berhenti mobil angkotnya malah teruuus teruss yah kenalah motor saya ambruk. Ternyata dengan 1000 rph tak peduli dengan korban orang lain. sudah jatuh dengan enaaaknya dia pergi dan bilang hati-hati atuh pak payaaaah

  2. rizas said

    Yupp jarang banget ada pak parkir yang tanggung jawab memang ga semua c tp kebanyakan dari mereka, contoh lagi kehilangan helm pun mereka jawab tidak tahu atau pura-pura ga tahu ya., Apa dikata saya pergui berlalu dan tetap menbayar duit parkir.Weleh-weleh…..

  3. Yud, Rush saya juga kemarin kena senggonl sama pedagang roti yang motornya punya bagasi kiri kanan. Bumper kanan belakang lecet. Pengemudi motor tsb kayak tak merasa ………..wusss lewat tak kelihatan batang hidungnya. Semoga itu jadi kejadian terakhir.

  4. MaYa MarmotH said

    coBa kLo parKirnyaH di PoeRnawarMan 46-52 pasTi ga aKan keGores moBilnyAh… hehehe
    pa yP, keMaren moBiL yg saYa baWa nyeNggol pas suduT bemPer FeROza di MesJid AceH paS maW keLuar abiS maGriB berJamaaH, unTUngnyaH gpp n KeBetuLan yg PunyA nyaH ada di DaLem moBil. KaReNa saYa berTangguNg jaWab jadi SaYa buKa kaCa terUs minTa maaP samBil senYum maNis, eh kebetuLan yg PunYa juga (cowoK) BaeK jaDi yo Wis gpp… So PasTi berkuRang DonK beBan HisaB nyaH hehehe

  5. adelia said

    pak.. kok plat mobilnya kaya memorinya flash disk ?? bedanya yang bapak blakangnya KB, klo flash disk MB. =)

    waduh.. kok isi komen-nya pada sama semua ya?? sama2 mengeluh. hehehe.
    peace.

  6. yudipram said

    dont worry adelia, yang D 512 MB juga itu nomor mobilku

  7. Boerick said

    Waduuuuhhhh kayaknya esmosi neh…..kayaknya itu warisan dari penjajah yaw…sifat bangsa yang tidak sportif….he he he he..

    YUKSSSS buat temen2 yang masih eling ama arti kata sportifitas dan tanggung jawab, secara pelan tapi pasti kita ubah mental bangsa kita yang bobrok ini…(Semangat…Semangat…Semangat…MERDEKA…!!!!)

    ;< naon sehhhh

  8. Boerick said

    Waduhhh Esmosi nehh..kayaknya itu warisan dari penjajah yaw, mental bangsa yang tidak sportif and tdk bertanggung jawab…
    Yuksss bUat temen2 yang masih Eling ma tanggung jawab , secara pelan tapi pasti kita ubah mental bangsa kita yang hampir bobrok ini…..

Leave a Reply

 
