Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Competitive Intelligent: Memantau 7C agar Bisnis Tidak Terjerembab (by Yudi Pram)

Posted by yudipram on August 8, 2008

Kemarin pagi saya sempat bicara di depan forum yang dihadari oleh para senior manajer beberapa perusahaan BUMN. Salah seorang audiens dari PT. Pelindo (BUMN pengelolan pelabuhan laut), bertanya “ Pak, apa yang harus dilakukan akan kita tidak jadi pecundang dalam arena bisnis yang penuh ketidakpastian? “  Ini pertanyaan pendek, tapi jawabannya merupakan bahan kuliah untuk satu semester. Lalu saya jawab saja, “Kuncinya cuma satu, Jangan Salah Membuat Keputusan”.  Itu memang  jawaban klise yang memerlukan penjelasan panjang dan interpretasi yang cerdas. Saya menambahkan, “Keputusan yang dibuat harus cocok dengan kondisi lingkungan bisnisnya” Oleh karena itu, jika ingin meminimalkan kesalahan dalam memutuskan maka sangat penting sekali mengetahui kondisi perkembangan lingkungan bisnis yang up to date. Jadi lakukanlah pemantauan terhadap lingkungan  (internal dan eksternal) bisnis anda, agar anda tidak tergulung oleh ombak besar perubahan lingkungan yang mampu memporak porandakan bisnis anda.

 

Bagaimana caranya? Buzz word yang sekarang sedang digandrungi adalah competitive inteliigent. Jadi lakukanlah kegiatan competitive intelligent (CI). Kegiatan CI didefinisikan sebagai Proses sistematis dalam pengumpulan data mengenai lingkungan bisnis, untuk distrukturkan, dan diinterpretasikan menjadi suatu pengetahuan strategis yang  dipergunakan sebagai bahan pengambilan keputusan bisnis, baik dalam konteks  keperluan strategi jangka panjang, maupun keperluan taktis operasional sehari-hari.

 

Dengan pengertian, seperti di atas, maka karakteristik dari kegiatan CI adalah sebagai berikut :

a.    kegiatan ini dilakukan secara formal oleh perusahaan (biasanya ada unit khusus yang diberi tanggung jawab untuk mengerjakannya). Intelijen disini jangan diartikan  seperti intel dalam militer

b.    kegiatan ini dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan sehingga dihasilkan  terjadi akumulasi pengetahuan berharga (knowledge with highest informative value)

c.     kegiatan ini mengkompromikan antara besarnya biaya, kelengkapan informasi yang diinginkan, dan ketersediaan waktu. (kecepatan informasi biasanya menjadi preferensi, dibandingkan dengan keakuratannya)

d.    informasi hasil CI diintisarikan (digested) dari sumber  yang sudah terbiasa diakses oleh umum  (public sources), serta menghindari pengumpulan data secara illegal. Jadi tidak dibenarkan mencuri informasi atau memperoleh dengan cara-cara yang tidak etis serta melanggar hokum.

e.    informasi hasil CI digunakan untuk membantu mempertahankan daya saing perusahaan

 

Lingkup kegiatan CI mencakup : (i) memonitor daya tarik pasar, yang didasarkan pada identifikasi peluang dan ancaman ; (ii) memonitor daya saing dan posisi perusahaan, yang didasarkan kekuatan  dan kelemahan bisnis perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya. Berdasarkan pada kedua cakupan ini maka lingkup kegiatan CI secara lebih rinci adalah sebagai berikut :

 

Monitoring daya tarik pasar mencakup :

a.    Macro environment monitoring, meliputi faktor-faktor change driver yang berpengaruh besar pada stuktur market/industri environment dan competitive profiling , yaitu : politik & regulasi, ekonomi, social, dan technology (PEST)

b.    Market/ industry environment monitoring, meliputi faktor-faktor market size & market potential, customer behavior, segmentasi, supplier, subsitusi, distributor, potensi pendatang baru, dan kecenderungan keuntungan industri

c.     Competitive profiling, meliputi resource similarities dan market similarities

 

Monitoring daya saing mencakup :

a.    Direct competitor monitoring, meliputi  faktor-faktor performance, capabilities, strategies, intentions

b.    Internal skill and resources profiling, meliputi faktor-faktor kemampuan melakukan sourcing, kemampuan mengoperasikan layanan, kemampuan memenuhi expektasi pasar

c.     Current strategy mapping & analysis, meliputi faktor-faktor deskripsi strategi eksisting dan analisis efektivitas strategi

 

Dengan mengacu pada lingkup CI di atas, maka CI harus memperhatikan elemen 7C, yaitu :

1.    Company, meskipun perusahaan sendiri, sering kali informasinya juga ga didapat semua dengan lengkap dan akurat, karena kelemahan dalam internal data base. Oleh karena itu, harus diupayakan ada mekanisme untuk mendapatkan gambaran perkembangan organisasi perusahaan secepat mungkin, kondisi ini bianya sangat krusial pada perusahaan denga skala yang besar.

2.    Customer, ini udah pasti. Needs, want, expectation,attitude  dan behavior, harus di monitoring secara terus menerus, agar review terhadap efektivitas strategi bisnis dan pemasaran dapat dilakukan sesegera  mungkin

3.    Competitor, ini musuh kita. Wajid dipantau, agar mudah digempur. Siapa tau sekarang benteng pertahannya kuat dan punya rudal untuk menyerang kita

4.    Channel, perang pemasaran yang sesungguhnya ada di distribution channel. Jadi harus dipantau agar perusahaan tidak mati kutu di arena pendistribusian produk

5.    Complementor, karena keberadaannya melengkapi maka, pihak complementor  harus jadi mitra dalam strategi value creation ke konsumen

6.    Cupplier (hahahaha ……….yang ini maksa, mestinya pake S bukan pake C), supplier adalah member dari value delivery network kita, sedikit banyaknya akan ikut mempengaruhi kualitas produk dan proses produksi. Jadi harus diperhatikan bagaimana kontribusinya.

7.    Context,  adalah elemenpelemen lingkungan makro yang kan menjadi change driver bisnis. Context dapat menguncang semua tatanan industry. Kekuatannya sangat besar dan mampu mengubah segalanya.

Jadi jika 7C di atas terpantau dan dapat diantisipasi dengan tepat maka perusahaan tidak akan terjerembab ke killing field atau ladang pembantaian para pecundang.

 

BTW, CI sebenarnya tidak hanya berlaku di bisnis, dalam kehidupan sosialpun ada perlu CI. Agar hidup tenang, nyaman, menikmati anugrah tuhan anda juga harus selalu melakukan CI. Misalnya sebelum memilih pasangan hidup pun anda harus melakukan CI terlebih dahulu , supaya tidak terjerembab ke lembah kesulitan, makan sepiring berdua, serta tidur di gubug derita. Oleh karena itu, ada 7C juga yang harus dipantau terlebih dahulu oleh wanita yang ingin memilih suami (agar tidak menyesal kelak). Kondisi 7C calon suami anda harus memadai, ke7C itu adalah:

1.    Clever, test dulu tingkat kecerdasannya, apakah termasuk orang yang pandai mencari solusi dan memecahkan masalah. Jangan mw sama  orang yang o’on en ga kreatif, atau type tong kosong nyaring bunyinya, yang seneng petantang petenteng, tapi otaknya di dengkul.  Ingat hidup itu penuh dengan masalah. Kalau kecerdasan tidak cukup, hidup akan terasa seperti mendaki gunung Himalaya (nanjak dan dingin, tiis lah, kalau kehabisan oxygen malah bisa innalilahi). Tapi jangan silau oleh label dan gelar juga,  kecerdasan tidak ada hubungannya dengan jenjang pendidikan formal

2.    Charming, mukanye jangan jelek-jelek amat, sampe-sampe si amat aja bilang amit-amit. Secara genetika, kasian keturunan elo. Kalau dapet standar brad pitt atau tom cruise, bagus tuh dapet bibit yang oke. Orang jelek biasanya susah nyari kerja, en susah naik pangkat. Karena muka jelek biasanya mengganggu efektivitas komunikasi dengan berbagai pihak. Nah kalau komunikasi terganggu, biasanya segala macem jadi tersendat. Hidup orang cakep!

3.    Cash, harus punya duit dong. Kan kalau ke super market, blanja di mall, en makan di restoran bayarnya pake duit, bukan pake cinta

4.    Car, di Indonesia public transportation buruk banget, jadi wajib punya mobil biar ga desek-sedekan (jadinya wangi parfum nyampur sama bau embe badot),  dan dicopet di angkot, atau kulit muka cepet kusam ber flek karena keseringan kena angin gelebug beserta debunya. Bisa-bisa baru umur 35th udah kliatan seperti umur 55th. Maintenance cost meningkat tuh, perlu face lift kayanya. Atau mau disetrika aja?

5.    Condominium, yaiyalah emang loe mau kemping di lapangan. Tempat tinggal yang layak diperlukan, agar hidup tenang, tidak kena gusur polisi pamong praja. Yang ada fasilitas Gym, café, dan macem2 fasilias  olah raga, malah lebih bagus

6.    Career, karena angka inflasi di Indonesia tinggi, dan kurs rupiah terhadap valuta asing cenderung melemah terus, maka pilih yang prospek karirnya bagus dong, biar ada jaminan naik gaji dan penghasilan setiap tahun.

7.    Commitment, penting adanya kesadaran untuk mengikatkan diri, biar tidak jadi kutu loncat, yang berorientasi pada shorterm relationships (emang artis……….)

Jadi kalau ada kecengan atau gebetan yang udah memenuhi criteria 7C ini, langsung tancap aja…… tapi kalau belum, ya hunting lagi dong! Orang sabar kekasih tuhan, ya ga Nel?.

3 Responses to “Competitive Intelligent: Memantau 7C agar Bisnis Tidak Terjerembab (by Yudi Pram)”

  1. Best quote:
    Informasi hasil CI diintisarikan (digested) dari sumber yang sudah terbiasa diakses oleh umum (public sources), serta menghindari pengumpulan data secara illegal. Jadi tidak dibenarkan mencuri informasi atau memperoleh dengan cara-cara yang tidak etis serta melanggar hukum.

    Itu yang paling penting! Competitive Intelligence is an ethical and legal business practice. (This is important as CI professionals emphasize that the discipline is not the same as industrial espionage which is both unethical and usually illegal)

    Btw, Pa yP… ko aga-aga saru gimanaaa getoh ya kadang antara Competitive Intelligence (CI), Knowledge Management (KM), Market Intelligent (MI) n Marketing Research.
    Waw harus ikut kuliah berapa semester neh..
    Nah Lhoooo…?!
    Rock oN, pa yP!

  2. medina said

    oh no, you should tell me about that last 7C years ago..hehehe….

  3. dika said

    websitena keren kk, heheh BTW knp sih koq gitu gk bisa / gk boleh di save page as salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: