Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Berkah Krisis Global Untuk Si Pembual (by Yudi Pram)

Posted by yudipram on November 7, 2008

monkeySemua orang yang ngerti dan paham situasi, pada umumnya ketar-ketir menghadapi kondisi eksisting dan masa depan perekomonian Indonesia. Krisis di Amerika Serikat memang tidak main-main, negara adi daya itu, sedang dilibas creditquake yang lebih dasyat dibanding earthquake. Ekspansi kredit yang ditujukan untuk mengakseslerasi kemakmuran masyarakat di sana, ternyata menuai kebangkrutan massal.  Kalau ada orang yang belum tahu kondisi ini, sangat kebangetan, keterlaluan! Pasti orang ini, termasuk masyarakat terbelakang yang  tinggal di pedalaman banjaran, yang tidak terjangkau koran, tv, dan internet. Satu-satunya media yang masuk adalah siaran radio fm yang acaranya dangdut melulu. Inilah orang-orang yang menjadi korban digital divide.

Sebagai bagian dari perekonomian dunia yang sudah interdependen, Indonesia tentu saja akan terkena dampaknya, terkena pengaruh negatifnya. Gonjang ganjing ekspor nasional, IHSGl, dan pasar uang yang tidak menggembirakan, tentunya akan berpengaruh pada stabilitas nilai tukar Dollar AS, dan instrumen investasi lainnya. Kalau sudah begini, sektor riil Indonesia mau tidak mau akan terkena imbasnya. Ini merupakan ancaman serius bagi kestabilan daya beli masyarakat indonesia.  Mengapa demikian? Karena inflasi tinggi  sedang membayangi sendi-sendi ekonomi nasional. Kalau sendi-sendinya kena encok, maka terkulai lemahlah ekonomi Indonesia.  Jika Dollar AS terus melambung, bukan tidak mungkin ‘cost push inflation` akan segera bergulir dengan dimotori oleh sektor-sektor produksi yang ‘import content’nya tinggi. Kalau sudah begini, “welcome to the nightmare”.  Selamat datang kembali harga-harga mahal, “kemane aje lu?”

Tapi jangan lupa di Indonesia ada juga yang tersenyum-senyum sumringah, menyambut situasi global yang semaput. Siapa mereka? Mereka adalah para penguasa dan kepala daerah yang sudah terlanjur memberikan janji-janji surga kepada para pemilihnya. Bukan rahasia lagi, banyak kepala daerah yang pada saat kampanye mereka, menjanjikan berbagai perbaikan dalam kehidupan social ekonomi masyarakat. Misalnya, menjanjikan  berjuta-juta lapangan kerja baru  , kucuran  kredit murah dan mudah bagi UKM, penyediaan pendidikan gratis , pemberian layanan kesehatan gratis, pembangunan jalan dan infrastruktur fisik, sampai dengan ke rehabilitasi hutan gundul. Namun, semua orang juga tahu bahwa untuk mewujudkan janji-janji tersebut  diperlukan biaya yang tidak sedikit. Ngomong sih gampang, tapi kalau mw dilaksanain kan harus ada duitnya. Padahal APBD pemerintah daerah tidak akan mencukupi walau dipaksakan untuk bias cukup. Kalau janji-janji tidak terbukti, maka jadilah para kepala daerah ini menjelma menjadi seorang pembual. Seandainya situasi global ini aman-aman saja maka si pembual ini akan kelabakan mencari alasan. Oleh karena itu, dengan adanya krisis financial secara global, para pembual seolah memperoleh alasan yang tepat untuk membohongi masyarakat untuk yang kedua kalinya. Dengan enteng, sekarang mereka bias berkata, “bapak-bapak, ibu-ibu, seluruh warga masyarakat yang budiman, sebagai kepala daerah kami mohon maaf tidak bisa memwujudkan janji-janji saya terdahulu, berhubung ada pengaruh krisis global terhadap magnitude dan akselerasi perekonomian domestik  yang cenderung menurun dan negatif…….bla……bla……bla, dan seterusnya”

Jadi pada setiap kondisi perubahan dan krisis, selalu saja muncul ancaman dan peluang secara bersamaan. Karena ancaman dan peluang seperti dua sisi pada mata uang koin. Probabilitas untuk muncul adalah 50%. Ancaman dan peluang sebenarnya terjadi secara subjektif, tergantung kepada kemampuan membaca situasi, dan posisi sudut pandang yang digunakan. Ancaman dari satu pihak, secara bersamaan dapat menjadi peluang bagi orang-orang yang lebih kreatif, responsif, antisipatif dalam membaca situasi lingkungan. Tapi, untuk para kepala daerah, kalau anda bukan politisi busuk dan kepala daerah yang tak tau diri, maka krisis global ini tidak akan dijadikan kambil hitam untuk menjustifikasi kegagalan anda dalam mewujudkan janji-janji kampanye anda.

 

5 Responses to “Berkah Krisis Global Untuk Si Pembual (by Yudi Pram)”

  1. nice artikel….
    thanks ya infonya…
    sangat bermanfaat

  2. Dian said

    Orang2 tersebut sumringah belum tentu ngerti…mereka sumringah karena mereka bodoh🙂

  3. nditndutz said

    wah..pedalaman banjaran dimana tu pak?? kasihan bener itu daerah banjaran kayaknya terpenciill bener..

    semoga badai cepat berlalu pak.. gara-gara krisis global ini rencana saya buat eksport kain songket terganggu. huhu

  4. nditndutz said

    wah..pedalaman banjaran dimana tu pak?? kasihan bener itu daerah banjaran kayaknya terpenciill bener..hehe

    semoga badai cepat berlalu pak.. gara-gara krisis global ini rencana saya buat eksport kain songket terganggu. huhu

  5. […] « Mbojo Resource Lab Indonesia dan India Paling Positif Hadapi Krisis Global « Syamsa Hawa Khairi Berkah Krisis Global Untuk Si Pembual (by Yudi Pram) « Yudipram Knowledge Brokering Forum Resesi oh…resesi « Agnes Monica PERITEL TAHAN EKSPANSI, Pelemahan Rupiah Guncang Industri @ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: