Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Tugas Consumer Behavior (for IKOM only)

Posted by yudipram on March 31, 2010

Guideline – Individual Assignment – Audience Behavior Analysis

 Pengantar

Suatu program komunikasi pada dasarnya akan melibatkan komunikator dan komunikan. Dalam sudut pandang ilmu marketing, seorang komunikan dapat dipandang sebagai konsumen yang akan mengkonsumsi suatu program komunikasi yang dirumuskan dan dideliveri oleh pihak komunikator. Dengan demikian untuk  melaksanakan proses komunikasi yang efektif, sangat penting bagi seorang komunikator untuk memahami secara seksama terlebih dahulu bagaimana prilaku komunikan nya. Jika pengetahuan ini sudah didapat, diharapkan dapat dilakukan kegiatan komunikasi yang efektif.

 Nama Tugas: Analisis Prilaku Audiens Pada Media Tertentu

 Lingkup Tugas: Mengidentifikasi dan menganalisis prilaku audiens pada media yang dipilih oleh masing-masing mahasiswa. Identifikasi dan analisis yang dilakukan harus mencakup:

  1. Persepsi audiens terhadap media
  2. Learning dan memory audiens terdahap media
  3. Motivation dan value yang digunakan audiens dalam mengkonsumsi media
  4. Konsep diri audiens yang mempengaruhi konsumsi media
  5. Personality dan life style audiens yang berkaitan dengan konsumsi media
  6. Attitude audiens terhadap media

 Tatacara Pengerjaan Tugas:

  1. Pilih satu media sebagai objek (bisa: stasiun radio, stasiun tv, koran, majalah, buku, recording, dan sejenisnya)
  2. Identifikasi dan deskripsikan profil media yang terpilih
  3. Lakukan pengumpulan data dan analisis terhadap media, sesuai dengan lingkup tugas di atas
  4. Tulis laporan sesuai dengan format yang dipaparkan pada guideline ini
  5. Kumpulkan laporan lengkap pada saat waktu UTS nanti

 Outline Penulisan Laporan

Cover (Tulis Judul, Nama, NPM, Kelas, Cantumkan Pas Foto)

Bab 1 Pendahuluan: 1.1  Latar Belakang; 1.2  Perumusan Masalah; 1.3  Tujuan; 1.4  Profil Obyek Studi (Nama Media, Content, Coverage, dll); 1.5  Metoda

Bab 2 Kerangka Teoritis: 2.1 Prilaku Konsumen; 2.2 Persepsi; 2.3 Learning dan Memory; 2.4 Motivation dan Value; 2.5 Konsep Diri; 2.6 Personality dan Life style; 2.7 Attitude

Bab 3 Analisis Prilaku Audiens Media …………..: 3.1  Profil Geografis, Demografis, Psisociografis Audiens; 3.2  Persepsi audiens terhadap media; 3.3  Learning dan memory audiens terdahap media; 3.4  Motivation dan value yang digunakan audiens dalam mengkonsumsi media; 3.5  Konsep diri audiens yang mempengaruhi konsumsi media; 3.6  Personality dan life style audiens yang berkaitan dengan konsumsi media; 3.7  Attitude audiens terhadap media

Bab 4 Kesimpulan

Lampiran (Sample Media dan Contentnya)

 catatan : Guideline ini hanya memuat item-item minimum yang harus dianalisis, jika dirasakan ada keunikan pada prilaku untuk produk tertentu, harap dilengkapi.

Selamat bekerja…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: