Yudipram Knowledge Brokering Forum

observe, think, feel, & speak up !!!

Fluktuasi dan Siklisiti (by Yudi Pram)

Posted by yudipram on August 2, 2011

Mengapa dalam manajemen strategik kita harus melakukan analisis internal dan eksternal atau yang lebih popular dengan analisis SWOT? Jawabannya sederhana! Pada dasarnya di dunia ini tidak ada yang langgeng, ini sudah menjadi sunatullah. Hidup itu berputar dengan kecepatan putar yang tidak monoton. Pendapat yang menyatakan bahwa bumi itu datar terbantahkan ketika Columbus menemukan benua amerika, sekaligus berkeliling dunia. Kalau baru-baru ini Thomas L Friedman menulis buku ‘the world is flat’, itu adalah situasi datar secara imajiner saja. Imajinasi kedataran yang timbul akibat tidak adanya ‘delay dan time lag’ dalam diseminasi informasi akibat kecanggihan teknologi. Delay dari satu belahan bumi ke belahan bumi lain tidak terjadi lagi karena ada ICT. Namun sesungguhnya kehidupan yang ‘plain dan flat’ itu tidak ada. Kedataran dan situasi statis itu tidak terjadi dalam jangka panjang. Segala sesuatu akan bergejolak dalam kerangka waktu yang lebih lama. Situasi kemapanan pada akhirnya akan sampai pada penghujungnya. Suharto, Marcos, Saddam Husein, dan Hosni Mubarak akhirnya jatuh. Lehman Brother, perusahaan yang sudah ratusan tahun pun bisa hilang begitu saja. Disinilah esensi dari pentingnya analisis SWOT, mengenali kekuatan dan kelemahan organisasi sambil mengetahui peluang dan ancaman yang ada diluar organisasi. Kegunaannya adalah agar langkah-langkah untuk ‘survive dan sustainable’ dapat segera dirumuskan. Kata Charles Darwin sang pencetus teori evolusi, yang bisa bertahan hidup lama bukanlah yang paling kuat, tapi yang paling cepat melakukan penyesuaian dengan lingkungan. Betapa kekuatan lingkungan semesta bukan sesuatu yang bisa dilawan, namun sebaliknya harus diakomodasi. Masalahnya, kita tidak pernah tahu secara akurat bagaimana dinamika lingkungan. Oleh karena itu, perusahaan yang hebat adalah perusahaan yang adaptif terhadap lingkungan (baca buku alfin tofler ‘adaptive corporation’). Perusahaan dapat bertahan hidup dan bahkan tumbuh jika berhasil menyesuaikan kekuatan dan kelemahannya terhadap peluang dan ancaman yang ada pada lingkungan bisnisnya. Demikian juga dengan individu, individu yang hebat adalah individu yang tidak tenggelam dalam ganasnya lingkungan, namun individu yang mampu berenang dan bertahan dalam pasang surutnya perubahan lingkungan.

Jadi dalam lingkungan bisnis (dan juga lingkungan individu & privasi kita) pada dasarnya terdapat  flutuasi dan siklisiti. Ada naik turun (fluktuasi) dan ada perputaran musim (siklisiti). Di lautan akan ada  ombak atau gelombang kecil dan besar yang siap menerjang kapal. Di daratan akan ada lembah dan puncak gunung yang harus didaki, akan ada hutan belantara dan gurun pasir yang harus dilalui. Ada musim yang berputar silih berganti. Sebagai dampaknya muncullah kesukaran dan kemudahan yang akan menghiasi rekam jejak perusahaan maupun kita sebagai individu. Seperti yang dikatakan Tuhan pada al insyiraah QS94:2-3. Beban yang ringan dan yang berat akan datang silih berganti. Setelah kita susah payah belajar untuk lulus ujian, maka akan ada ujian berikutnya pada tingkatan yang lebih tinggi. Life cycle perusahaan dan individu adalah perjalanan dengan intensitas tantangan dan peluang yang scattered dan harus direspon dengan kekuatan dan kelemahan yang ada pada perusahaan atau individu. Tapi ini bukan suatu games atau permainan   yang sia-sia dan tanpa makna. Jika prosesnya dilakukan secara normal tanpa distorsi, semuanya akan menghasilkan kematangan, maturity, kekokohan dalam arti yang luas. Kokoh karena fondasi organisasi atau individu akan terkait dan terikat pada  prinsip prinsip universal yang mengakar pada kebenaran yang hakiki. Kunci keberhasilannya adalah optimisme dan kelapangan dada, karena  dalam tantangan seberat apapun akan terselip peluang, dalam setiap kompleksitas akan ada simplisiti atau kesederhanaan, dalam setiap kesulitan akan ada kemudahan (QS94:5). Yang penting adalah kesungguhan melakukan effort atau upaya yang dalam koridor jalan lurus dan jalur putih yang diridloi Gusti Allah. Siasat licik, menerabas nilai-nilai dan etika, serta melanggar hukum tetap wajib dihindari mati-matian meskipun akan membawa pada kemudahan. Karena jalan sesat dan jalur hitam ini adalah kemudahan semu yang destruktif terhadap system kehidupan secara keseluruhan. Tidak ada gunanya kita lulus kalau nyontek, tidak ada nilainya kita kaya kalau korupsi. Sebagai khalifah di atas bumi, maka tidak selayaknya kita berkontribusi pada upaya destruktif, namun sebaliknya harus konstruktif dalam membangun system kehidupan dan peradaban manusia. Dengan demikian, baik dalam kesulitan maupun kemudahan, proses dan hasil adalah dua hal yang harus dinikmati dan dilalui dengan cara-cara halal.

Namun keseriusan upaya dan kerja keras yang bukan satu satunya langkah yang harus dilakukan kita dalam rangka melintasi fluktuasi dan siklisiti. Lingkungan eksternal pada dasarnya adalah obyek yang uncontrollable. Terlalu banyak variable yang berpengaruh dan tidak semuanya mampu diidentifikasi oleh ilmu manusia. Sains dan teknologi tidak akan mampu memodelkan secara lengkap interaksi  variable dan kekuatan yang terdapat di lingkungan eksternal. Akan selalu ada faktor luar atau epsilon yang tidak terkendali. Oleh karena itu, meskipun kita sudah berusaha keras maka jangan lupa bahwa  harapan untuk berhasil 100% harus digantungkan kepada yang di atas (QS94:8). Status berhasil ini sangat penting bagi perusahaan dan individu, karena rekam jejak keberhasilan inilah yang akan meningkatkan brand kita (QS94:4). Nama kita akan menjadi tinggi dengan ijin Allah. Jadi jangan cemas dan takut menghadapi fluktuasi, siklisiti, perubahan, transformasi, dinamisasi, dan bentuk bentuk goncangan lainnya. Hadapi dan lalui dengan strategi yang tepat sesuai denga kekuatan dan kelemahan kita masing-masing. Dengan bekal kecerdasan dan keimanan semuanya bisa dilalui. Dan ketika kita berhasil, maka akumulasi keberhasilan ini akan semakin membentuk brand kita yang semakin kuat……wa rafana laka dzikrok….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: